Profile

gbr4

Educational System

Keterpaduan pendidikan dengan nilai-nilai Islam dalam segala aspek dan unsur penunjang pendidikan. Integrasi antar Sumber Daya Manusia, Kurikulum, Metodologi, Kelembagaan, Orangtua, lingkungan dan masyarakat diharapkan berbuah menjadi sosok ‘Pembelajar-pembelajar yang Bertaqwa, Cerdas, Berdaya dan Profesional’

Curriculum

Kurikulum yang merujuk pada standardisasi kurikulum nasional dengan struktur program yang dikemas secara terpadu dengan nilai ke-Islaman yang berupa Integrated Curriculum dan Integrated Activity. Penyajian kurikulum integral, tanpa pemisah antara ilmu umum dan ilmu agama.

Islamic Education

Materi yang diajarkan di SMPIT Al Mughni meliputi :

  • Tafsir
  • Aqidah dan Akhlak
  • Hadits
  • Bahasa Arab
  • Sejarah Islam

gbr3

Teaching and Learning Methodology

Berbagai metode pengajaran yang digunakan, menekankan pada siswa sebagai subjek aktif yang mencari dan menemukan. Sedangkan guru sebagai mediator dan fasilitator dalam pembelajaran. Variasi metode dalam pembelajaran mendorong guru untuk senantiasa inovatif dan memancing siswa agar senantiasa kreatif dengan sistem pembelajaran yang bervariasi.

Optimalisasi penggunaan media pembelajaran diperlukan guna menstimulus siswa, sehingga tumbuh respon positif, tempat belajar yang tidak terikat ruang (indoor dan outdoor). Penggunaan sarana dan prasarana yang dimaksimalkan mulai dari taman, halaman, kantor, sampai pada tempat eksperimen di luar kelas (contextual learning), sehingga selalu menuntut semangat baru bagi minat belajar siswa.

Stakeholder

Segala aktifitas di sekolah sejak awal masuk sampai pulang, dikondisikan dengan pembiasaan perilaku Islami. Demikian juga pemberian contoh atau tauladan akhlakul karimah dari orangtua dan masyarakat pada sistem pendidikan terpadu sangatlah ditekankan. Menjadi perhatian sekolah dengan menyelenggarakan pendidikan berbasis neurosains dan pengasuhan yang patut. Untuk itulah keluarga jadi elemen yang sangat menentukan keberhasilan pendidikan di sekolah.

gbr1

Character Building Project

  • Empathy Project

Sebuah program yang mengasah kemampuan siswa dalam menyelami dan menjangkau asa ataupun kondisi yang dialami oleh orang lain, sehingga hati menjadi ‘Nyala’ dan diri menjadi ‘Berdaya’. Program ini menstimulasi siswa untuk belajar mengenai makna hidup, kesederhanaan, kebersahajaan, dan kepedulian akan sesama.

  • CBA Camp (Clever – Brave – Autonomous)

Program ini dirancang sebagai stimulan agar tumbuh pribadi yang Cerdas, Berani, dan Mandiri. Para siswa ditantang untuk menembus zona amannya (comfortable zone) dan berani mengerahkan segenap kemampuan yang dimiliki  untuk bisa bertahan dalam menghadapi segala problematika hidup yang pasti dihadapi. Mereka dibiasakan untuk berpikir dan bertindak multi taskin sebagai bekal dalam menghadapi tuntutan kehidupan modern dan global nantinya.

  • Jaulah

Layaknya miniatur perjalanan hidup, menyusuri cita dan masa depan. Perjalanan di mulai dari melihat ke dalam diri (look in) dengan mengenali secara dekat segenap potensi yang dimiliki, dan berlanjut dengan menjajaki tangga-tangga kehidupan setelahnya.

Para siswa dikenalkan dengan beragam Sekolah Menengahyang akan dijalani setelah pendidikan di SMP (up coming my high school), mengenali dunia kampus, hingga menjajal dunia kerja dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang profesional dan saling menguntungkan.

Vision

“Optimalisasi layanan pendidikan yang Jujur, Kreatif dan Inovatif, dalam membentuk peserta didik yang Bertaqwa, Cerdas dan Kompetitif, berlandaskan Al Quran dan Hadits”.

Mision

Untuk mencapai visi tersebut perlu adanya tindakan strategis sebagai berikut :

  • Meningkatkan standar kualitas pembelajaran melalui peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Mengembangkan standar proses pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan.
  • Membangun dan mencintai lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
  • Mengembangkan standar penilaian dan standar kelulusan.
  • Menjalin kerjasama dengan masyarakat dan dunia usaha yang peduli pendidikan.
  • Melaksanakan pembiasaan penghayatan ajaran Islam secara berkesinambungan.
  • Mengembangkan minat baca pada peserta didik.
  • Memotivasi peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya.
  • Mengembangkan nilai kemandirian, tanggung jawab, dan enterpreneur.

 

Goal of Education

Tujuan pendidikan dan pengajaran SMPIT Al Mughni adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan pemberdayaan media pembelajaran secara optimal.
  • Melaksanakan penilaian yang objektif, terencana dan berkelanjutan.
  • Melaksanakan pembelajaran kontekstual.
  • Memberikan keteladanan dalam berperilaku positif.
  • Meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan ekstrakulikuler.
  • Menyelenggarakan kegiatan amal jum’at dan jum’at bersih.
  • Terlaksananya program 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Salim, Santun).